Pak Lilik Prabowo

Mari anak-anak silahkan mampir...^_^
 
IndeksFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin

Share | 
 

 Menjaga Tubuh Tetap Sehat dan Segar di Bulan Puasa

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
wahyu lestari 9.10



Jumlah posting : 1
Join date : 19.05.09

PostSubyek: Menjaga Tubuh Tetap Sehat dan Segar di Bulan Puasa   Tue May 19, 2009 9:43 pm

di Bulan Ramadhan Bagi umat muslim diwajibkan untuk Manahan nafsu lapar, nafsu syahwat, berbuat maksiat dan memperbanyak berbuat kebaikan. Aktifitas untuk mendukung dalam beramal sebanyak-banyaknya di bulan Ramadhan inipun menuntut tubuh kita agar tetap sehat dan bugar. Kita juga harus bijak mensikapi banyaknya menu makanan yang disajikan menghadapi buka puasa. Tak jarang kita berlebihan dalam menyiapkan menu buka puasa, sudah ada kolak masih ada dawet, es kelapa muda, es doger, es teller. Atau kita menyiapkan lauk yang sama kandungannya hanya saja berbeda rasa seperti rendang, empal, gulai daging, tongseng daging.

Pada intinya menu berbuka puasa tidak boleh berlebihan, karena Allah juga tidak suka perilaku yang berlebihan. Atau sesuai dengan hadist Nabi yang menyebutkan “Berhentilah makan sebelum kenyang” hal ini yang sering diabaikan sehingga munculnya berbagai penyakit karena kelebihan makan seperti obesitas, Diabetes Millitus (kencing manis), dsb.

Puasa pada intinya adalah pengendalian yang salah satunya adalah pengendalian makan, mengatur makan, diharapkan dengan puasa bisa mengistirahatkan perut kita yang setiap hari bekerja.Ada juga yang mengatakan bahwa puasa bisa menjadi sebuah terapi detoks untuk menghilangkan racun dalam tubuh. Disini ada beberapa tips dan trik yang diambil dari berbagai sumber untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar.

1. Makan sehat. Makanlah dengan menu seimbang, lengkap dengan karbohirat, lemak yang baik, protein, vitamin, minenal, dan serat. Perbanyak makan buah dan sayur.

2. Ada yang perlu dihindari. Hindari makanan mengandung gula tinggi, gorengan, dan kuning telur karena mengandung lemak buruk. Udang, cumi-cumi, kerang, kepiting, jeroan, otak, dan hati yang mengandung kolesterol tinggi, daging merah lebih baik dihindari. Perbanyak makan ikan dan daging ayam tanpa kulit.

3. Porsi cukup. Jangan "lapar mata" melihat banyak jajanan menjelang buka puasa. Atau "balas dendam" dengan terlalu banyak makan saat berbuka. Puasa artinya menahan diri dari segala nafsu.

4. Untuk diet. Idealnya, usai berpuasa berat akan turun 1-2 kg. Minimal, bagi pemilik berat badan ideal akan sama berat badannya. Bahkan bagi yang kegemukan, usai berpuasa seharusnya bisa turun hingga 3 kg.

5. Tetap olahraga. Lakukan olahraga ringan yang sifatnya maintenance, 1-1,5 jam menjelang berbuka puasa selama maksimal 30 menit saja.

6. Diteruskan. Fungsi puasa sebagai detoks akan lebih afdol jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, puasa seminggu satu atau dua kali.

Ada juga yang mengatakan bahwa puasa itu membuat tubuh kita jadi lemes?

Tipsnya :

Kita terbiasa berpikir dengan berpuasa, banyak waktu makan yang harus "hilang", yaitu sarapan dan makan siang. Dan pola pikir demikian ternyata men-sugesti kita untuk merasa lemas saat menjalani puasa, terutama saat siang sampai menjelang waktu berbuka.

Memperbanyak asupan serat pada saat sahur adalah salah satu cara mencegah cepat datangnya 'kukuruyuk' di perut. Serat bisa diperoleh dari buah-buahan, sayur-sayuran, atau karbohidrat berserat seperti oatmeal. Serat atau karbohidrat kompleks memiliki efek mengenyangkan karena mampu mengembang dalam lambung. Namun serat juga lebih lama dicerna dibandingkan dengan karbohidrat sederhana, protein dan lemak. Artinya, serat akan lebih lama tertinggal di lambung dibanding zat gizi lainnya. Karena itu perut akan terasa lebih lama kenyang, dan kadar gula darah juga lebih terjaga.

Untuk menghindari lemas, Anda juga bisa mengkonsumsi segelas susu saat sahur. Sebaiknya konsumsi pula suplemen yang mengandung vitamin B kompleks agar metabolisme Anda semakin oke. Saat sahur memang disunahkan untuk makan sahur mendekati waktu imsak, oleh karena itu lakukan makan sahur Anda kira-kira 15-30 menit sebelum imsak, dan makanlah serat di saat-saat terakhir makan sahur Anda. Selain "mengirit" waktu cerna makanan, sahur sebelum imsak sangat baik untuk mencegah terlewatnya shalat Subuh.

Keluhan yang paling sering terdengar saat puasa adalah gangguan berupa maag dan heartburn. Heartburn adalah rasa panas di ulu hati, yang kadang disertai dengan rasa kaku atau keram pada otot perut. Biasanya muncul apabila saat perut penuh, tubuh tidak beraktivitas kembali. Misalnya jika Anda langsung tidur setelah makan sahur. Sebetulnya kedua keluhan ini tidak perlu terjadi, selama Anda tahu bagaimana menyikapi pola kerja saluran pencernaan Anda.

Minum obat maag, terutama bagi Anda yang memang memiliki penyakit maag, adalah hal yang tidak boleh terlupakan. Obat maag dapat diminum saat berbuka dan sahur. Saat berbuka, batalkan puasa dengan segelas air atau minuman manis - usahakan tidak minum minuman yang bersuhu dingin atau terlalu panas - lalu minumlah dahulu obat maag. Tunggu sekitar sepuluh atau lima belas menit, lalu santaplah hidangan pembuka yang ringan atau segelas susu. Sebaiknya tidak langsung menyantap makanan utama segera setelah berbuka, karena saat kosong dalam waktu yang lama, otot-otot lambung tidak 'siap' menerima volume makanan dalam ukuran besar. Sebetulnya dengan menyantap hidangan pembuka yang ringan seperti semangkuk kecil kolak hangat, atau segelas susu, sudah cukup memberi energi sampai satu jam ke depan. Karena itu tak ada salahnya Anda shalat tarawih dahulu sebelum menyantap makanan utama. Selain itu jika Anda tarawih dalam keadaan perut penuh, Anda akan merasa sebah atau mual karena lambung belum siap mencerna dan mendorong makanan ke usus.

Pada saat sahur, obat maag dapat diminum sesaat sebelum imsak - jika Anda makan sahur kira-kira 30 menit sebelum imsak - atau setengah jam sebelum Anda makan sahur, ini jika Anda memilih makan sahur mendekati waktu imsak.

Puasa membuat Gangguan Pencernaan?

Tipsnya :

Apabila Anda memang memiliki riwayat penyakit maag, sebaiknya hindari makanan dan minuman yang dapat merangsang ekskresi asam lambung, seperti makan makanan yang bercita rasa asam, atau minum kopi dan teh terutama pada saat sahur.

Pada hari pertama dan kedua, mungkin gangguan pencernaan masih terbilang wajar karena perut dalam keadaan 'kaget'. Namun jika berlangsung terus menerus, tentunya ada yang salah dengan pola makan Anda. Sebaiknya perhatikan kembali pola makan Anda.

Puasa Bikin Kulit Kering?

Saat berpuasa, memang sangat wajar apabila asupan minuman cenderung menjadi berkurang, karena biasanya kita lebih 'bersemangat' untuk mengganyang makanan daripada minum air. Padahal kurangnya asupan air bisa menyebabkan Anda kekurangan cairan, apalagi jika aktivitas Anda termasuk padat, banyak berkeringat, atau bahkan Anda menghabiskan waktu kerja Anda di dalam ruangan ber-AC. Kurangnya asupan air, ditambah dengan ruangan ber-AC, akan membuat kulit Anda menjadi kering, bahkan bisa sampai pecah-pecah.

Seharusnya puasa tidak perlu menghilangkan 'jatah minum' Anda. Anda bisa, kok, menyiasati asupan 6-8 gelas sehari. Misalnya, minumlah segelas air secara perlahan pada saat membatalkan puasa. Setelah Anda menyantap makanan pembuka yang umumnya bercita rasa manis, usahakan minum kembali segelas air. Saat Anda menyantap makanan utama, usahakan Anda meminum setidaknya dua gelas air. Lalu sebelum tidur, minumlah lagi segelas air.

Pada saat sahur, minumlah setidaknya dua gelas air. Satu gelas saat Anda selesai makan sahur, dan satu gelas lagi sesaat sebelum imsak. Air yang Anda minum tidak harus air putih, tetapi Anda dapat mengkombinasinya dengan susu atau air teh yang ringan (bukan teh kental). Minumlah secara perlahan supaya tidak terasa 'memaksa'.

Pada waktu beraktivitas, jangan lupa gunakan selalu pelembab kulit dan bibir, terutama jika Anda harus beraktivitas di ruangan ber-AC. Gunakan kembali pelembab setelah kulit Anda terbasuh, misalnya setelah ber-wudhu. Berwudhu juga salah satu cara agar kulit Anda tetap lembab dan terbasahi. Pelembab dapat menjaga kadar air kulit dan mencegah penguapan berlebihan, dengan demikian kulit Anda akan tetap lembab dan terjaga dari kekeringan.

Puasa Merusak Diet?

Tipsnya :

Hmmm… pertanyaan ini biasanya ditujukan bagi Anda yang terbiasa 'balas dendam' saat berbuka, sedangkan Anda sedang menjalani program diet, atau mungkin sedang menjaga bobot tubuh Anda agar tetap ideal. Padahal puasa justru bisa menjadi pola diet baru bagi Anda. Dan jika dilakukan dengan benar, maka setidaknya Anda bisa menurunkan 0,5 - 1 kg perminggu, artinya bisa sampai 4 kg perbulan!

Caranya adalah dengan memilih pola makan yang tepat saat sahur dan berbuka. Seberat apapun mata Anda terbuka saat waktu sahur tiba, sebaiknya Anda tetap paksakan diri untuk bangun karena pada saat sahur Anda akan menyuplai zat gizi yang tidak akan Anda dapatkan di siang hari saat Anda berpuasa. Menu sahur haruslah bergizi dan seimbang, terdiri dari karbohidrat, protein dan serat (sayuran atau buah-buahan). Makan sahurlah kira-kira setengah jam sebelum imsak, dan di 15 menit terakhir konsumsilah buah-buahan atau sayur-sayuran. Seperti yang telah dijelaskan di atas, serat akan menjaga agar lambung Anda tetap penuh, dan kadar gula darah Anda tidak drop, sehingga Anda tidak terlalu lapar. Makanlah sampai Anda merasa cukup, dan tidak terlalu kenyang.

Pada saat berpuasa, usahakan tetap beraktivitas. Jangan lemas atau tidur seharian. Karena dengan beraktivitas, tubuh membutuhkan energi, dan karena tidak ada makanan yang masuk, maka energi tersebut didapat dari simpanan lemak di tubuh kita. Inilah alasan mengapa Anda bisa berdiet selama puasa. Selain itu, pada saat puasa, saluran pencernaan yang selama ini bekerja keras mencerna makanan, diberi waktu beristirahat selama 14 jam. Ini membuat saluran pencernaan menjadi lebih bersih, dan tubuh terasa lebih bugar.

Pada saat berbuka, hindari balas dendam. Balas dendam hanya akan menimbun kembali kalori yang berhasil Anda 'buang' saat berpuasa siang. Dalam agama Islam disunahkan berbuka dengan yang manis-manis, namun dalam kasus ini hindari sebisa mungkin gula (sukrosa), seperti teh manis, sirup atau kolak. Anda bisa mendapatkan minuman manis dari air sari buah (jus). Kandungan gula sari buah dapat menaikkan kadar gula dengan cepat, namun tidak merangsang produksi insulin. Alternatif lainnya adalah dengan mengkonsumsi buah kurma, karena buah kurma kaya akan gula buah yang baik untuk meningkatkan kadar gula darah. Setelah Anda mengonsumsi sari buah, tubuh akan terasa lebih segar dan bertenaga. Lakukanlah ibadah shalat Magrib terlebih dahulu, kemudian barulah Anda bersantap hidangan utama. Pilihlah menu yang seimbang antara karbohidrat, protein dan serat. Ingat, santaplah dengan menu secukupnya, jangan berlebihan.Berlatih mengendalikan diri terhadap hawa nafsu - termasuk juga 'nafsu makan' lho - dan memperbanyak ibadah, serta berbagi dengan sesama yang lebih membutuhkan, adalah hakikat puasa yang sebenarnya. Bukan sekadar menahan haus dan lapar saja. Jadi, pahala dapat, sehat pun dapat, siapa yang tidak mau?
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
 
Menjaga Tubuh Tetap Sehat dan Segar di Bulan Puasa
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Pak Lilik Prabowo :: TIK :: kelas 9-
Navigasi: